Preloader Logo

5 Langkah Atasi Anak yang Kecanduan Game

Kemajuan teknologi bikin anak-anak jadi semakin cerdas memanfaatkannya. Perkembangan teknologi pun membuat anak mudah mengakses informasi penting dan menikmati sarana hiburan, termasuk menikmati game dari internet atau jenis konsol lainnya.
Tidak jadi masalah kalau anak memainkan game di waktu senggang. Tetapi Bunda harus bagaimana kalau buah hati mulai menunjukkan tanda-tanda kecanduan game?

Jangan panik dulu ya, Bunda. Meskipun kecanduan game bisa membawa dampak buruk bagi anak, namun bukan berarti hal ini tidak bisa diatasi. Lima langkah berikut ini bisa membantu Bunda untuk mengatasi buah hati yang kecanduan game :

Mendampingi Anak yang Sedang Bermain Game
Duduklah berlama-lama mendampingi si kecil yang sedang bermain game. Bunda tidak perlu bertanya tentang hal apa pun. Dengan sering menemani anak bermain game, nantinya anak tidak canggung berkomunikasi dengan Bunda mengenai aktivitas bermainnya. Hal ini pun akan membuat Bunda jadi lebih mudah berkomunikasi dengan anak.

Mengingatkan Anak-Anak Tentang Kewajibannya
Selain belajar, ada kewajiban lain yang patut dijalankan anak di rumah. Anak-anak wajib membantu kegiatan orang tua di rumah, berinteraksi dengan seluruh anggota keluarga, dan melakukan rutinitas lain yang lebih penting daripada bermain game. Bunda bisa mengingatkan anak secara perlahan-lahan supaya anak semakin penurut dan tidak merasa kalau kesenangannya mulai dikekang.

Menjadikan Waktu Bermain Game Sebagai Reward Bagi Anak
Ketika anak memiliki prestasi sekolah yang baik, rutin membantu pekerjaan rumah, dan melakukan hal-hal baik lainnya, sudah sepatutnya anak mendapatkan reward atas pencapaian tersebut. Reward yang Bunda berikan bisa berupa kebebasan bermain game dalam kurun waktu tertentu. Dengan demikian, anak akan merasa bahwa usahanya untuk menjadi pribadi yang lebih baik akan mendapatkan penghargaan yang pantas dari orang tua.

Mengajak Anak untuk Lebih Banyak Berkegiatan di Rumah
Di rumah ada banyak sekali kegiatan menyenangkan yang bisa dilakukan Bunda bersama anak-anak. Bunda dapat mengajak anak-anak berkebun, memasak bersama, bermain board game, membaca buku, atau melakukan hal seru lainnya. Anak-anak yang terbiasa beraktivitas bersama anggota keluarga biasanya akan memiliki risiko kecanduan game yang lebih rendah.

Menunjukkan Sikap Welcome pada Teman-Teman Anak
Kehadiran teman-teman anak di rumah bisa membuat anak lebih sering berinteraksi dan tidak melulu fokus pada game kesukaannya. Jadi, Bunda bisa memperlihatkan sikap bersahabat kepada teman-teman anak selama lingkungan pergaulan anak memang positif dan menyenangkan bagi anak.

Keresahan dalam menghadapi anak yang kecanduan game akan lekas teratasi bila Bunda memahami cara penanggulangannya. Yuk dampingi anak agar bisa menjadi pribadi yang lebih bertanggung jawab dan dewasa!

Lakukan 5 Hal Ini Agar Anak Aman di Jalan Raya

Rasanya senang sekali ya Bunda kalau bisa mengajak anak-anak pergi bersama ke luar rumah. Beraktivitas bersama si kecil memang membuat Bunda jadi lebih tenang

Selanjutnya

Tips Liburan Menyenangkan Bersama Keluarga Tercinta

Mendengar kata liburan memang membuat semua orang jadi senang. Tak terkecuali Bunda dan seluruh anggota keluarga lainnya.

Selanjutnya