Preloader Logo

5 Sarapan Bernutrisi untuk Anak Usia Sekolah

Ibu pasti menginginkan apapun yang terbaik untuk buah hatinya, terutama soal makanan dan minuman yang akan dikonsumsi. Memasak sendiri untuk buah hati adalah cara untuk memenuhi asupan yang sehat dan bergizi.

Saat anak sudah memasuki usia sekolah, biasanya makanan yang disiapkan ibu dikreasikan sesuaikesukaan anak. Kalau bunda masih bingung kreasi masakan apa yang nutrisinya tetap terpenuhi dan rasanya lezat, simak deh 5 sarapan yang memiliki nutrisi baik untuk anak usia sekolah berikut ini:

1.       Sereal dan Roti Gandum.

Sereal adalah makanan pengganti biskuit dan coklat yang rendah gula, kaya akan kalsium dan serat yang baik untuk tumbuh kembang anak. Ditambah dengan susu yang merupakan sumber protein untuk memenuhi gizi seimbang. Roti gandum mengandung serat yang tinggi, dioles selai kacang, pisang atau keju merupakan jenis makanan yang sehat dan rendah lemak.

 

2.       Sayuran.

Sayuran banyak mengandung vitamin, kalsium dan serat. Jika anak tidak menyukai sayur, Bunda dapat mengolahnya menjadi makanan yang disukai anak-anak. Tambahkan sayuran dengan bentuk yang cantik dan unik pada bekal anak ya.

 

3.       Ikan dan telur.

Kebutuhan protein bisa didapat dari ikan dan telur, ikan mengandung asam lemak dan omega-3 yang bagus untuk perkembangan otak anak. Asam lemak tak jenuh yang dimiliki telur juga diperlukan tubuh. Olah ikan atau telur menjadi makanan yang disukai anak-anak, agar mereka semangat untuk memakannya.

 

4.       Buah segar dan kering.

Menambahkan buah-buahan segar untuk bekal anak-anak. Salad buah, apel, pir, buah naga atau melon yang telah dipotong kecil dan siap makan. Ini bertujuan agar anak lebih mudah memakannya tanpa harus memotong terlebih dahulu, jika anak-anak menyukai buah kering juga bisa menambahkan ke dalam bekalnya. Biasakan anak-anak suka mengonsumsi buah ya bunda, agar kebutuhan serat dan vitamin lainnya tercukupi.

 

5.       Minuman.

Jangan lupa untuk bekali anak minuman yang sehat bunda, seperti air mineral yang cukup, jus buah tanpa gula dan yogurt rendah lemak. Hindari memberi minuman soda kepada anak.

6.       Camilan.

Camilan bisa dinikmati sewaktu-waktu saat anak merasa lapar dan bisa makan dalam waktu yang lebih cepat, Tambahkan camilan ke dalam bekal anak. Camilan yang dipilihpun tetap yang sehat, seperti popcorn tanpa gula.

Beberapa jenis makanan bergizi untuk anak usia sekolah tersebut di atas bisa menjadi alternatif bunda dalam memberikan bekal makan anak di sekolah. Jangan lupakan bahwa sarapan memiliki banyak manfaat untuk si kecil. Menjaga kesehatan dengan asupan makanan bergizi akanmenambah tingkat kecerdasan anak dan meraih kesuksesan belajar.


5 Langkah Atasi Anak yang Kecanduan Game

Kemajuan teknologi bikin anak-anak jadi semakin cerdas memanfaatkannya. Perkembangan teknologi pun membuat anak mudah mengakses informasi penting dan menikmati sarana hiburan, termasuk menikmati game dari internet atau jenis konsol lainnya.

Selanjutnya

Lakukan 5 Hal Ini Agar Anak Aman di Jalan Raya

Rasanya senang sekali ya Bunda kalau bisa mengajak anak-anak pergi bersama ke luar rumah. Beraktivitas bersama si kecil memang membuat Bunda jadi lebih tenang

Selanjutnya