Preloader Logo

Lakukan 5 Hal Ini Agar Anak Aman di Jalan Raya

Rasanya senang sekali ya Bunda kalau bisa mengajak anak-anak pergi bersama ke luar rumah. Beraktivitas bersama si kecil memang membuat Bunda jadi lebih tenang. Karena Bunda jadi bisa memantau anak-anak setiap saat. Namun ketika beraktivitas di luar rumah, Bunda juga patut memberikan perhatian ekstra kepada anak-anak. Terutama ketika berada di jalan raya.

Setidaknya Bunda mesti memperhatikan 5 hal penting ini untuk menjaga keamanan anak di jalan raya :

Menghentikan Penggunaan Smartphone untuk Sementara
Hal yang satu ini memang sangat sepele namun sering mengakibatkan kecelakaan pada anak. Saat Bunda sedang sibuk menggunakan smartphone di jalan raya, tanpa sadar Bunda melepas genggaman tangan anak atau membiarkan anak berjalan sendirian. Kejadian ini bisa mengakibatkan kecelakaan fatal pada anak. Oleh karena itu, Bunda wajib menunda penggunaan smartphone ketika sedang berada di jalan raya bersama si kecil.

Selalu Berpegangan Tangan dengan Si Kecil
Berpegangan tangan adalah hal penting yang tidak boleh dilupakan oleh orang tua. Pada usia balita hingga 9 tahun, sebaiknya anak-anak mendapat pengawasan ketat di jalan raya. Jangan sampai anak berjalan atau menyeberang secara sembarangan. Peganglah tangannya erat-erat agar Bunda bisa mengarahkan langkah anak ke tujuan yang tepat.

Belajar Menyeberang Jalan, Yuk!
Sejak berusia 4 tahun, Bunda sudah bisa mengajak anak untuk belajar menyeberangi jalan. Pegangi tangannya dan ajaklah anak menoleh ke kanan dan ke kiri sebelum menyeberang. Anak yang sudah terbiasa diajak menyeberang akan lebih mudah beradaptasi dengan keramaian jalanan. Jangan biarkan si kecil menyeberang sendirian sampai dia mencapai usia yang cukup matang untuk menyeberang sendiri.

Jangan Meninggalkan Anak Sendirian
Sewaktu ingin membeli sesuatu di tempat yang dekat, jangan sampai Bunda meninggalkan anak sendirian di suatu tempat, ya. Hal ini bisa menyebabkan anak jadi resah bahkan pergi ke tempat lain tanpa pengawasan Bunda. Alangkah lebih baik bila Bunda mengajak anak-anak ke mana pun Bunda pergi. Meskipun Bunda hanya pergi ke tempat yang jaraknya sangat dekat dengan tempat anak menunggu.

Mengenakan Perlengkapan Keselamatan
Anak-anak yang diajak naik sepeda atau kendaraan bermotor mesti diajarkan menggunakan perlengkapan keselamatan yang tepat. Bunda tentu bisa mengajarkan anak-anak untuk menggunakan helm, jaket, sabuk pengaman, dan berbagai perlengkapan keselamatan lainnya. Selain menjaga keamanan anak di jalan raya, hal ini juga melatih anak untuk memahami prosedur berkendara yang baik.

Bunda cerdas pasti selalu memperhatikan 5 hal penting ini ketika berada di jalan raya bersama anak. Kalau anak senantiasa aman dan nyaman di jalan raya, Bunda pun akan lebih tenang dan leluasa beraktivitas.

5 Langkah Atasi Anak yang Kecanduan Game

Kemajuan teknologi bikin anak-anak jadi semakin cerdas memanfaatkannya. Perkembangan teknologi pun membuat anak mudah mengakses informasi penting dan menikmati sarana hiburan, termasuk menikmati game dari internet atau jenis konsol lainnya.

Selanjutnya

Tips Liburan Menyenangkan Bersama Keluarga Tercinta

Mendengar kata liburan memang membuat semua orang jadi senang. Tak terkecuali Bunda dan seluruh anggota keluarga lainnya.

Selanjutnya