Preloader Logo

Pentingnya Vitamin B Kompleks untuk Anak

Vitamin B kompleks tentunya berperan penting untuk semua proses yang terjadi di dalam tubuh, kenapa namanya vitamin B kompleks?

Kenapa bukan vitamin B saja? Tentu saja karena vitamin B memiliki banyak kelompok, vitaminnya satu temannya banyak. Vitamin B Kompleks merupakan suatu gabungan dari Vitamin B1 (thiamine), Vitamin B2 (riboflavin), Vitamin B3 (niacin), Vitamin B5 (pantothenic acid/asam pantotenat), Vitamin B6 (pyridoxamine), Vitamin B9 (folic acid/asam folat), vitamin B12 (cyanocob), vitamin B7 (biotin) biotin, Kolin dan inositol.

Nah ini dia manfaat vitamin B kompleks untuk kesehatan anak:
Memproduksi Energi
Mengubah sumber karbohidrat seperti nasi, mie dan makanan lainnya menjadi energi merupakan fungsi utama dari vitamin B1. Tentu saja tubuh memerlukan energi untuk melakukan berbagai macam aktivitas, saat tubuh kekurangan vitamin ini, karbohidrat yang masuk tidak akan bisa diproses dan menyebabkan tubuh menjadi mudah lelah dan lemas.

Menjaga Fungsi Saraf
Sistem saraf pada anak itu masih dalah tahap berkembang, sehingga membutuhkan banyak sekali vitamin yang bekerja untuk menjaga kesehatan sistem sarafnya. Salah satunya adalah vitamin B5, yang bertujuan agar kelenjar adrenal bekerja dengan baik untuk memproduksi beberapa hormon dan zat pengatur saraf. Vitamin B6 atau pyroxidine bermanfaat untuk membantu tubuh memproduksi senyawa kimia khusus pada otak yang disebut neurotransmitter. Vitamin ini juga membantu memproduksi sel darah merah serta mencegah terjadinya anemia pada anak.

Menjaga kesehatan Pencernaan
Vitamin B kompleks yang berperan dalam pencernaan antara lain, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3 dan vitamin B6. Kekurangan salah satu dari vitamin tersebut, maka pencernaan bisa terganggu. Sebab, vitamin ini dapat membantu produksi asam klorida untuk membantu pemecahan lemak, protein dan karbohidrat.

Kesehatan Rambut, kulit dan Kuku Anak
Kuku dan rambut merupakan 2 bagian tubuh yang akan terus tumbuh meskipun kita mencukurnya dan membersihkannya. Kekurangan vitamin B kompleks akan menyebabkan proses pertumbuhan ini terganggu.  Rambut jadi mudah kering dan kuku jadi mudah pecah. Lebih parahnya lagi, jika sudah mulai berpengaruh pada kesehatan kulit, kulit akan menjadi kering, mudah terkena ruam, dan bisa menyebabkan penyakit beri-beri.
Itu dia pentingnya vitamin B kompleks, terutama untuk anak-anak.

Berikan selalu makanan yang mengandung vitamin B kompleks, agar kebutuhan vitamin B kompleksnya terpenuhi. Jangan lupa juga untuk memberikan susu Milkuat, karena Milkuat mengandung vitamin B kompleks yang dapat membantu si kecil untuk tetap sehat dan sekuat macan ^^

5 Langkah Atasi Anak yang Kecanduan Game

Kemajuan teknologi bikin anak-anak jadi semakin cerdas memanfaatkannya. Perkembangan teknologi pun membuat anak mudah mengakses informasi penting dan menikmati sarana hiburan, termasuk menikmati game dari internet atau jenis konsol lainnya.

Selanjutnya

Lakukan 5 Hal Ini Agar Anak Aman di Jalan Raya

Rasanya senang sekali ya Bunda kalau bisa mengajak anak-anak pergi bersama ke luar rumah. Beraktivitas bersama si kecil memang membuat Bunda jadi lebih tenang

Selanjutnya