Preloader Logo

Tahukah Bunda? 8 Makanan Ini Dapat Membuat Anak Bunda Jadi Lebih Cerdas!

Memiliki anak yang cerdas dan berprestasi pasti menjadi keinginan setiap orang tua, begitupun dengan si kecil ya Bunda? Menurut para ahli nutrisi sebaiknya kita para orang tua memperhatikan jenis makanan bergizi yang bisa meningkatkan pertumbuhan anak-anak. Ada beberapa jenis makanan yang baik untuk perkembangan otak, daya ingat serta konsentrasi anak di usia pertumbuhan.

Maka asupan nutrisi yang tepat akan mempengaruhi kecerdasan otak mereka agar maksimal, simak 8 jenis makanan berikut ini yang bisa mendukung kecerdasan otak anak.


1.   1. Daging sapi

Daging merupakan sumber zat besi yang membantu anak tetap berenergi dan konsentrasi di sekolah. Pilihlah daging sapi tanpa lemak yang memiliki sumber zat gizi terbaik serta mudah diserap tubuh. Selain itu juga daging sapi mengandung zinc yang membantu memperkuat daya ingat, masak daging sapi dengan kreasi sesuai kesukaan anak-anak agar mereka senang memakannya.

 

2.   2. Ikan

Ikan memang dikenal baik untuk kecerdasan otak, ikan yang mengandung asam lemak seperti salmon disarankan oleh para ahli. Karena salmon jadi sumber terbaik asam lemak omega 3 yang penting untuk fungsi dan pertumbuhan otak anak. Orang yang suka menyantap ikan, pikiranya lebih tajam dan baik dalam tes kemampuan mental loh.

.

3.   3. Telur

Telur yang sering kita jumpai dan mudah didapat ini juga bagus untuk kecerdasan otak si kecil Bunda, Telur menjadi sumber protein karena mengandung kolin yang dapat membantu perkembangan otak. Buat makanan-makanan lezat dari telur untuk menu makan anak-anak yang sehat dan bergizi.


4.   4. Susu dan Yogurt

Susu dan yogurt jadi minuman yang baik untuk kecerdasan otak anak. Kandungan protein, Vitamin D dan Vitamin B yang penting untuk pertumbuhan jaringan otak, enzim serta neurotransmitter. Yogurt juga bagus untuk proses metabolisme tubuh.

 

5.   5. Sayuran Berwarna

Biasakan anak-anak untuk mengonsumsi sayur yuk! Ternyata sayuran berwarna seperti Bayam, labu, wortel, tomat adalah makanan kaya antioksidan. Sayuran ini dapat membantu mempertahankan kekuatan dan kesehatan membran sel, pilih sayuran-sayuran yang segar untuk menu makan anak-anak.


6. 6.    Buah Beri

Tingkatkan daya ingat dengan rutin mengonsumsi buah strawberry, blueberry, blackberry yang mengandung Vitamin C dan antioksidan yang baik untuk anak-anak. Berikan buah-buahan sebagai camilan sehat diantara jeda jam makan utama.

 

7.   7. Oatmeal

Anak-anak biasanya menyukai sarapan dengan sereal. Oat adalah salah satu bahan dalam sereal yang mengandung karbohidrat kompleks akan diserap oleh anak-anak selama proses belajar disekolah. Oat menjadi sumber yang baik untuk Vitamin E, B, zinc dan potasium yang berperan penting pada tubuh dan otak bekerja secara optimal.

 

8.   8. Kacang Hijau

Kacang hijau menjadi rekomendasi untuk dikonsumsi oleh anak-anak, kandungan nutrisinya lengkap. Tidak hanya protein dan karbohidrat kompleks saja tetapi juga mengandung vitamin C, zat besi, zinc, potasium, magnesium, asam folat, fosfor, thiamin dan mangan yang semuanya penting untuk perkembangan otak dan tubuh. Bunda bisa membuat bubur kacang hijau atau menu-menu lezat lainnya untuk sajian kacang hijau yang menarik si kecil untuk mengonsumsinya.

 

Sekarang sudah tahu ya Bunda, makanan-makanan pilihan yang baik untuk kecerdasan otak anak. Selalu tambahkan jenis-jenis makanan diatas untuk menu makan si kecil, demi kesehatan dan asupan nutrisi terbaik untuk mereka.


5 Langkah Atasi Anak yang Kecanduan Game

Kemajuan teknologi bikin anak-anak jadi semakin cerdas memanfaatkannya. Perkembangan teknologi pun membuat anak mudah mengakses informasi penting dan menikmati sarana hiburan, termasuk menikmati game dari internet atau jenis konsol lainnya.

Selanjutnya

Lakukan 5 Hal Ini Agar Anak Aman di Jalan Raya

Rasanya senang sekali ya Bunda kalau bisa mengajak anak-anak pergi bersama ke luar rumah. Beraktivitas bersama si kecil memang membuat Bunda jadi lebih tenang

Selanjutnya